Tips Kesehatan : Memberantas Nyamuk Demam Berdarah

Memberantas Nyamuk Demam Berdarah adalah upaya mencegah berbiaknya nyamuk demam berdarah (DBD). Masa berkembangnya nyamuk demam berdarah adalah saat musim penghujan telah datang. Nyamuk demam berdarah adalah jenis nyamuk yang sangat berbahaya.

Ciri-ciri nyamuk demam berdarah:

  1. Saat bertelur di tempat air yang jernih, telur yang dikeluarkan dari nyamuk demam berdarah hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop.
  2. Berat nyamuk ini 0,004 gr bentuknya kecil, perutnya berwarna biru, kaki putih dan ada titik biru. Saat masih jentik-jentik atau larva yang ada di air jernih gerakannya sangat gesit dan ketika berada di kedalaman air menuju ke permukaan atas gerakan badannya lurus.
  3. Gigitan nyamuk ini tidak menyengat tidak terasa namun tiba-tiba muncul rasa gatal dan benjolan ringan. Gigitan ini sudah mengeluarkan bisa. Jika masuk di pembuluh darah orang yang digigit bisanya akan menyebar di jaringan darah. Bisa gigitan nyamuk demam berdarah tidak berkembang pada orang yang sehat, karena pada tubuh yang sehat bias/virus akibat gigitan akan mati namun sebaliknya akan mengakibatkan demam berdarah.

Penularan penyakit demam berdarah:

Penularan penyakit demam berdarah akan berkembang jika tidak diberantas dengan baik. Penyakit ini sangat berbahaya dan menular. Penularannya terjadi melalui gigitan nyamuk DB yang telah membawa virus Dengue dari penderita lainnya.

Aksi Nyamuk DB akan berkeliaran mencari gigitannya pada waktu pagi pukul 05.00 sampai dengan pukul 09.00 WIB. Kondisi 5 jam ini ketika cahya matahari belum bersinar panas sehingga nyamuk merasa nyaman terbang kesana kemari mencari mangsa. Oleh karena itu orang harus bisa menghindari tidur saat waktu tersebut. Saat matahari bersinar panas yaitu pk. 10.00 sampai dengan pk. 15.00 WIB nyamuk ini bersembunyi di kolong tempat tidur atau di pakaian yang berwarna gelap atau hitam untuk berlindung. Saat sore pukul 15.00 sampai 18.00 nyamuk DB bereaksi kembali.

Ciri-ciri atau tanda-tanda orang yang terkena gigitan nyamuk DB:

  1. Panas demam tinggi (menggigil)
  2. Wajah pucat
  3. Mual, muntah
  4. Hidung mengeluarkan darah segar
  5. Susah tidur
  6. Tidak napsu makan
  7. Kulit bagian luar berubah warna
  8. Bila sudah parah sesak napas
  9. Trombosit penderita akan menurun drastis sesuai dengan analisa laboratorium

Kondisi tersebut di atas karena darah sudah mulai mengalami pembekuan. Akibat virus dengue. Jika tanda-tanda ini terjadi pada keluarga kita segera dibawa ke rumah sakit besar untuk mendapatkan pertolongan dan pengobatan yang memadai sehingga pasien DB bisa disembuhkan.

Pemberantasan nyamuk Demam Berdarah segera dilakukan di lingkungan rumah masing-masing yaitu dengan cara :

  1. Menutup bak mandi supaya tidak dihinggai nyamuk Demam Berdarah
  2. Menguras air bak mandi sedikitnya 1 minggu sekali agar jentik-jentik tidak menjadi nyamuk.
  3. Mengubur benda-benda seperti kaleng bekas yang berisi air hujan atau ember yang berisi air lama tidak dibuang
  4. Pengasapan yang dilakukan oleh RT atau RW atas instruksi dinas kesehatan setempat
  5. Penyemprotan di setiap sudut rumah seperti kolong tempat tidur, gantungan baju
  6. Jlka ada bayi atau balita hindarilah penyemprotan karena kima obat nyamuk akan berbahaya bagi napas bayi dan balita

Pencegahan dan saran

  1. Hindari tidur saat pk. 05.00 Pagi hingga 10.00 pagi
  2. Hindari tidur saat pk. 15.00 sore hingga 18.00 sore

Oleh : H. Marjono

Leave a Reply

Your email address will not be published.